Thursday, May 10, 2007

semalem gue up-dating list klien gue. dan gue baru bener-bener sadar, fenomena infeksi HIV udah mulai bergeser. klien gue yang IDUs udah nggak banyak. klien-klien baru yang gue handle kebanyakan ibu rumah tangga dari pelosok udik nun jauh di pinggir kota. mereka yang nggak ngerti apa-apa dan nggak punya uang buat pergi ke dokter, ke puskesmas atau layanan kesehatan lainnya. mereka yang selalu punya situasi dilematis soal uang, kalau pegang uang, mereka nggak bisa nentuin mana yang prioritas, apakah uang itu bakal dipake buat biaya pergi ke rumah sakit untuk ngambil ARV atau dipake buat makan. kalau dipake buat ngambil ARV, mereka bisa minum obat dan performa kesehatan mereka bisa cukup terjaga. tapi kalo dipake makan, yang makan bisa serumah. seringnya sih, mereka ngambil pilihan yang kedua, karena kalau dipake buat biaya transport ke rumah sakit untuk ngambil ARV [yang notabene buat mereka pribadi], mereka sekeluarga mungkin aja nggak akan bisa makan seharian. miris juga liat kenyataan seperti itu. situasi di sini udah mulai mengarah seperti di afrika. nanti lama-lama ARV jadi ada pasar gelapnya deh, karena dijual sama pasien biar bisa dapet uang untuk makan.
baru-baru ini gue juga dapet klien perempuan lagi. lagi hamil pula! suaminya lagi sakit, dan si ibu itu adalah istri kelima...! dia ketularan suaminya. begitu tahu dia istri kelima, yang ada di kepala gue adalah, "alamak... nasib 4 istri sebelumnya gimana ya? ketularan juga nggak ya?". akhirnya gue balik ke kantor dengan kepala pusing, karena mau tanya sama si bapaknya kan nggak enak sama istrinya. nggak ditanya, kok rasanya ada beban moral untuk ngasih advokasi buat 4 orang perempuan itu. sampe hari ini gue masih nggak tahu gimana bagusnya. mungkin gue harus nunggu case conference dulu, biar bisa dibahas sama-sama.
ada lagi yang lain, ada laporan dari rumah sakit soal satu klien perempuan yang ARV-nya drop out. gue dikasih nomer telpon ibunya. pas gue telpon, gue dapet info dari ibunya kalo si klien ini udah DO obat sejak bulan puasa taun lalu. dengan polosnya si ibu bilang ke gue, "iya, si eneng udah nggak minum obat dari pas bulan puasa kemarin, mbak. soalnya kan dia udah sehat, udah nggak sakit, jadi minum obatnya juga udahan aja." waduh.... gue udah berusaha jelasin sama si ibu bahwa ARV nggak boleh diberentiin, tapi si ibu juga keukeuh sumeureukeuh, "kalo udah sehat mah, apalagi udah bisa kerja lagi, nggak usah minum obat lagi atuh mbak. da udah nggak apa-apa." ohhh.....

No comments: