Friday, May 11, 2007

LOG BOOK MK

kalo lagi in charge di rumah sakit, adalah kewajiban kita buat baca dan ngisi log book. baca log book buat gue termasuk hiburan juga, soalnya anak-anak nggak cuma ngomongin delegasi kerjaan atau ngasih informasi terbaru tentang klien atau kebijakan rumah sakit lainnya. ada yang curhat. ada yang galau. ada yang kesel. ada yang sedih. ada yang seneng. ada yang asal ngomong. bahasanya juga macem-macem. dari mulai bahasa indonesia, bahasa inggris, bahasa cina, bahasa arab sampe bahasa sunda juga nyampur jadi satu.
kalimat awal biasanya dimulai dengan "halo...jumpa lagi dengan [nama] di sini...". atau "hai, ini [nama] lagi in charge di [nama rumah sakit]".
kadang gue liat log book itu akhirnya berubah fungsi jadi ajang curhat aja. informasi tentang klien yang dirawat biasanya malah muncul belakangan. tapi nggak apa-apa, karena isi log book itu nggak pernah keluar kemana-mana, jadi rahasia anak-anak aman di situ. log book itu jadi saksi bisu semua emosi anak-anak. buku itu nggak ngomong apa-apa tapi dia punya dinamika sendiri. ada ups and downs-nya. ada juga yang kasih saran, kasih jalan keluar, atau sekedar ngasih semangat. gue ngerasanya log book itu jadinya lebih efektif daripada closed meeting.

No comments: